ABOUT US

The only thing standing between you and your goal is the bullshit story you keep telling yourself as to why you can’t achieve it.
  • Home
  • Pages
  • About

Mission Statement
FOLDSCOPE INSTRUMENTS

Foldscope dibuat dengan visi untuk memecahkan masalah aksesibilitas dalam sains. Apa yang awalnya merupakan ide sederhana kini telah berkembang menjadi perusahaan yang menyediakan alat bantu berbiaya rendah yang ampuh kepada komunitas di seluruh dunia, semuanya dalam upaya membantu memajukan pendidikan, kesehatan, dan peluang! Kami percaya bahwa bagian terpenting dari perusahaan kami bukanlah alat itu sendiri, tetapi komunitas yang menggunakannya. Melalui produksi alat-alat berbiaya rendah, kami bertujuan untuk mendobrak batasan harga antara orang-orang & rasa ingin tahu serta kegembiraan eksplorasi ilmiah.

Dengan membeli produk kami, Anda secara langsung mendukung misi kami dan memungkinkan kami menghadirkan Foldscope ke komunitas yang seringkali tidak memiliki sarana untuk terlibat dalam sains – baik secara lokal maupun global.

MANU PRAKASH

FOUNDER AND CEO

MANU PRAKASH

Manu Prakash adalah ilmuwan India yang merupakan Profesor Bioteknologi di Universitas Stanford. Manu lahir di Meerut, India. Dia terkenal karena Foldscope dan Paperfuge-nya. Prakash menerima Fellowship MacArthur pada September 2016

JIM CYBULSKI

Jim adalah salah satu penemu Foldscope, dan telah menghabiskan 6 tahun terakhir mengembangkan dan menguji lapangan Foldscopes di seluruh dunia sebagai mahasiswa PhD di PrakashLab di Stanford dan sekarang sebagai Presiden dan CEO Foldscope Instruments. Peran utamanya adalah memimpin upaya kami untuk menyediakan akses ke alat ilmiah di seluruh dunia

ASAL MUASAL
FOLDSCOPE

Foldscope ditemukan oleh Manu Prakash dan Jim Cybulski saat Jim menjadi seorang mahasiswa PhD di laboratorium Manu di Universitas Stanford.

Inspirasi mereka menemukan Foldscope berasal dari kunjungan lapangan ke seluruh dunia, di mana mereka terus-menerus menemukan mikroskop yang besar dan rusak, atau kekurangan mikroskop sama sekali. Karena mikroskop tradisional sering kali mahal atau tidak praktis, mereka menyadari skala universal masalah ini dan kebutuhan akan solusi revolusioner berbiaya rendah.

mikroskop apa yang dapat Anda buat dengan harga di bawah $1 atau di bawah Rp. 15.000 ?

Pertanyaan ini memotivasi mereka. Pada awalnya, ide untuk membuat mikroskop murah dibuat dalam sebuah sketsa di atas kertas. Sketsa-sketsa ini menarik perhatian. Meskipun membuat sketsa di atas kertas pada awalnya cukup praktis – namun juga sekaligus mendapatkan ide yang sangat critical yaitu dalam mencari media berbiaya rendah: kertas. Kertas adalah bahan yang brilian dan serbaguna, karena tidak hanya sangat murah, tetapi juga meningkatkan presisi saat dilipat menjadi konfigurasi tertentu.

“What is the best microscope you can build for under $1 in parts?”

Sketsa awal dari Foldscope.
Sketsa awal dari Foldscope.

Proyek ini berkembang menjadi penemuan Foldscope, mikroskop lipat yang sebagian besar terbuat dari kertas, yang hingga saat ini masih mencapai tujuan awalnya yaitu seharga menjadi kurang dari ($1) satu dolar AS dalam komponennya.

Figure 4 of the PLoS ONE paper
Figure 4 of the PLoS ONE paper

Teknologi di balik Foldscope pertama kali diterbitkan pada Juni 2014 di PLoS ONE. Baca publikasi di sini, atau klik tombol di samping, untuk mempelajari secara spesifik bagaimana fungsi Foldscope dan pekerjaan luar biasa yang masuk ke dalam pengembangannya.

Program percontohan Foldscope dimulai pada tahun 2014 dengan dukungan dari Moore Foundation.

Progam percontohan sendiri mendistribusikan lebih dari 60.000 Foldscopes ke 135+ negara. Banyak dari pekerjaan ini dilakukan oleh sukarelawan dan tanpa biaya kepada penerima. Sebagai imbalan untuk Foldscopes, kami hanya meminta penerima menyumbangkan temuan mereka ke komunitas online pemula kami, Mikrokosmos.

Setelah distribusi global Foldscopes mulai berkembang, keragaman aplikasi yang menakjubkan telah (dan terus) terungkap.

Misalnya, Foldscopes digunakan untuk mengidentifikasi telur mikroskopis hama pertanian di India, untuk membuat katalog keanekaragaman hayati arthropoda tanah di Amazon, mendeteksi mata uang palsu dan obat-obatan, mengikuti perkembangan racun, mendeteksi bakteri dalam sampel air, memetakan keanekaragaman serbuk sari di sebuah kota. lanskap, di antara ribuan hal lainnya.

“The pilot program alone distributed over 60,000 Foldscopes to 135+ countries”

Pada bulan Desember 2015, Foldscope Instruments, Inc. didirikan.

Jim dan Manu mengembangkan Foldscope dari akar kelembagaannya di Stanford menjadi pembentukan perusahaan independen, dengan tujuan meningkatkan produksi dan akhirnya merilis alat ilmiah berbiaya rendah lainnya. Alat Foldscope sendiri juga telah berkembang dari waktu ke waktu, menggabungkan fitur-fitur baru untuk membuatnya lebih bertenaga.

Hingga saat ini, lebih dari satu juta Foldscopes telah didistribusikan. Didukung oleh penjualan perusahaan dan banyak mitra kami yang luar biasa, kami menargetkan untuk mendistribusikan satu juta Foldscopes pada akhir 2019.

Berkenaan dengan basis pengguna kami, kami percaya bahwa bagian terpenting dari Foldscope bukanlah alat itu sendiri, tetapi komunitas yang menggunakannya. Terutama sekarang saat kami mendekati lebih dari satu juta pengguna, komunitas kami menjangkau banyak negara, usia, dan tingkat latar belakang ilmiah. Di dalam Mikrokosmos, pengguna Foldscope terhubung, berbagi data & pengamatan, ide, dan masalah mereka. Ini adalah tempat untuk berkolaborasi, mencari inspirasi, dan belajar dari sesama penjelajah. Melalui pendampingan dasar, kami bertujuan untuk menciptakan jaringan anggota yang ingin tahu yang berdedikasi untuk eksplorasi, berbagi terbuka, dan kesetaraan akses alat ilmiah di seluruh dunia.

“Melihat ke masa depan, kami percaya bahwa akses ke sains, dan pendidikan sains, adalah hak asasi manusia.
Kami memimpikan dunia di mana setiap anak membawa mikroskop di saku mereka.”

Prototype Pertama Foldscope

Setelah pembuatan sketsa dilanjutkan dengan pembuatan prototipe

Publikasi di PLoS One

Publikasi dapat diakses melalui link ini

Foldscope tersedia secara luas

Produksi secara masal dan dilakukan pendistribusian

Foldscope Prsesentasi di TEDGlobal

Bersama tim melakukan presentasi di depan TEDGlobal

Di pamerkan di New York

Foldscope Instruments Founded

Ditampilkan di depan publik di New York

1.000.000 Foldslcope Tersebar

Pada tahun 2020 sudah lebih dari satu juta foldscope tersebar di seluruh dunia.

PATNERS

Kami mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada mitra kami, yang terlibat dengan kami untuk mendukung upaya distribusi global Foldscope.

Yayasan Moore I India Departemen Bioteknologi I Simons Foundation I MilliporeSigma